KKP Pamekasan Juara Harapan II Lomba Cipta Menu Se-Jatim

PAMEKASAN-Utusan Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pamekasan yang terdiri dari tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) kabupaten, meraih prestasi menggembirakan. Yakni, juara harapan II dalam lomba cipta menu tingkat Jawa Timur (Jatim).

Lomba cipta menu merupakan ajang cipta makanan khas daerah yang bertujuan mengembangkan makanan khas Jawa Timur. Selain itu, juga untuk mendorong para ibu rumah tangga menyiapkan menu dalam keluarga yang berkualitas.

Lomba itu diikuti tim penggerak PKK dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33, yang dipusatkan di halaman depan Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim.

”Kami sengaja mendelegasikan ibu-ibu PKK untuk berpartisipasai dalam lomba tersebut agar makanan khas daerah Pamekasan dikenal. Alhamdulillah, bisa dapat juara setelah beberapa tahun sebelumnya tidak pernah menjadi juara,” kata Kepala KKP Syaiful Arifin, kemarin.

Ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas menu makanan, sehingga masyarakat bisa memahami pentingnya olahan pangan berbasis potensi lokal. Karena itu, dirinya berharap agar masyarakat Pamekasan bisa memanfaatkan pangan lokal yang ada di sekitar rumah.

Sementara itu, menu yang diandalkan Tim Penggerak PKK Pamekasan pada lomba itu, antara lain meliputi nasi jagung kombinasi, paes tengiri, senggesseng arta’, sate lala’, lembur, tahu maghadif. Juga, pedha cakalan, gengan maronggih, dan lain-lain. (advertorial)