Pamekasan (Antara Jatim) - Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pamekasan, Jawa Timur, kini membina kelompok masyarakat di Desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong, sebagai kawasan rumah pangan lestari, sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah itu.

Menurut Kepala KKP Pamekasan Sjaiful Arifin, Jumat, rumah kawasan pangan lestari ini merupakan program perioritas pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan, dan pangan olahan.

"Desa Klompang Barat ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Pakong dan menjadi desa binaaan kami, dan diharapkan nantinya program ini bisa menyebar ke semua kecamatan yang ada di Pamekasan ini," tutur Sjaiful, menjelaskan.

Program rumah pangan lestari yang dicanangkan Pemkab Pamekasan untuk meningkatkan ketahanan pangan ini, merupakan program yang sangat sederhana dan bisa dilakukan semua rumah tangga di Pamekasan.

Rumah pangan lestari ini, kata Sjaiful, menggambarkan masing-masing lingkungan rumah tangga di Pamekasan bisa menanam berbagai jenis kebutuhan pangan di pekarangan rumahnya. Seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan beragam jenis pangan lainnya.

Dalam pekarangan rumah itu, pemilik rumah juga memelihara ikan, sebagai persiapan pemenuhan kebutuhan ikan sehari-hari, beternak hewan, baik kambing, sapi ataupun ayam.

"Intinya rumah pangan lestari yang kita programkan ini adalah terbentuknya lingkungan rumah tangga yang berbasis pada tanaman pangan," terang Sjaiful.(*)