KKP Pamekasan Antisipasi Jajanan Berformalin di Sekolah

Oleh Rukayah Zain Senin, 09 April 2012 12:19

Pamekasan :  Guna mengantisipasi adanya jajanan anak sekolah yang kerap mengandung formalin dan zat kimia berbahaya lainya serta membiasakan siswa sekolah dasar untuk mengolah makanan berbasis lokal sendiri, Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pamekasan dalam waktu dekat akan membidik lima lembaga Sekolah dasar (SD) untuk dijadikan percontohan Kantin Sehat Pengolahan Pangan Lokal.


Drs. Moh. Sjaiful Arifin, M.Si Kepala Kantor Ketahanan Pangan Pemkab Pamekasan menjelaskan,  lima sekolah tersebut nantinya akan mendapatkan pelatihan tata cara mengolah pangan lokal yang ada disekitar sekolah untuk nantinya bisa menjadi jajanan siswa dengan kemasan yang lebih menarik, sehat dan bebas formalin atau zat kimia berbahaya.


Lima SD itu ungkap Drs. Moh. Sjaiful Arifin, M.Si masing-Masing SDN Barkot 5 Pamekasan, SDI Nurul Hikmah Pamekasan, SDN Tlesah 1 kecamatan Tlanakan, SDN Majungan 1 Kecamatan Pademawu dan SDN Pangentenan 1 kecamatan pangantenan.

” Dari kantor Ketahanan pangan mencoba dengan satu program kegiatan yang dinamakan kantin sehat untuk siswa sekolah dasar untuk itu sasaran yang akan diharapkan bagaimana siswa-siswa sekolah dasar nantinya ada minat ada ada keinginan dari awal untuk membudayakan untuk terbiasa  memakan yang berbasis pangan lokal, ” ungkapnya.

Selanjutnya Sjaiful Arifin mengatakan, bahwa Program Kantin Sehat Pengolahan Pangan Lokal tersebut merupakan program dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur tahun 2012

Dari 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur hanya ada 10 Kabupaten/Kota yang terpilih untuk merealisasikan program ini, termasuk didalamnya Kabupaten Pamekasan. (Andree Havid).