VISI MISI KANTOR KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PAMEKASAN


A.      VISI KANTOR KETAHANAN PANGAN

1.       Visi Kantor Ketahanan Pangan

Pembangunan Ketahanan Pangan merupakan intergral dari pembangunan pertanian, karena itu visi dan misi pembangunan ketahanan pangan dirumuskan dalam kerangka dan mengacu pada pencapaian visi dan misi pembangunan pertanian dan pembangunan Kabupaten Pamekasan.

“ Visi Pembangunan Pertanian ” adalah terwujudnya Pertanian yang modern, tangguh dan efisien menuju masyarakat Indonesia Sejahtera.

“ Misi Pembangunan Pertanian “ adalah terwujudnya Kabupaten Pamekasan yang Agamis, tentram, maju, mandiri, dan berkeadilan menuju Ridho Allah SWT.

“ Misi Pembangunan Kabupaten Pamekasan “ adalah

a.       Menggerakkan berbagai upaya untuk memanfaatkan sumber daya pertanian secara optimal dan menerapkan teknologi tepat guna spesifik lokasi dalam rangka membangun pertanian yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan.

b.      Memberdayakan masyarakat pertanian menuju wiraswasta agribisnis yang maju dan sejahtera.

“ Visi Pembangunan Kabupaten Pamekasan “ adalah Terwujudnya Kabupaten Pamekasan yang maju, berdaya, mandiri, berkeadilan, aman dan sejahtera menuju Ridho Allah SWT.

“ Misi Pembangunan Kabupaten Pamekasan “ adalah

a.       Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dengan kewajiban menjalankan syariat agama bagi pemeluknya;

b.      Meningkatkan Aksesbilitas serta kualitas Pendidikan dan Kesehatan;

c.       Mewujudkan penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, perbaikan iklim ketenagakerjaan dan memacu kewirausahaan;

d.      Mewujudkan ketentraman dan ketertiban, serta menegakkan Supremasi Hukum;

e.      Mewujudkan proses Desentralisasi dan Otonomi Daerah, mengoptimalkan Reformasi Birokrasi yang professional, bebas KKN, dan peningkatan Pelayanan Publik;

f.        Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan percepatan pertumbuhan ekonomi.

 

Sejalan dengan Visi dan Misi Pembangunan Pertanian serta Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Pamekasan maka “ VISI KANTOR KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PAMEKASAN “ adalah Terwujudnya Pamekasan yang tangguh dengan kemandirian pangan menuju masyarakat sejahtera berkualitas dengan Ridho Allah SWT

 

 

 

 

2.       MISI KANTOR KETAHANAN PANGAN

Misi Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pamekasan

Adalah sebagai berikut :

a.   Mendorong dan memfasilitasi peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan Ketahanan Pangan pad tingkat Rumah Tangga sesuai dengan Sumber Daya dan Budaya Lokal.

b.  Meningkatkan Kualitas Pangan, pengembangan, pengawasan dan pengendalian serta perumusan kebijakan pangan yang menyangkut aspek ketersediaan, distribusi harga pangan strategis, pengendalian dan penganekaragaman pangan Kabupaten Pamekasan.

c.  Memantapkan koordinasi dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah lainnya di Kabupaten Pamekasan dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kebijakan ketahanan pangan.

d.   Memberdayakan kemandirian masyarakat melalui pengembangan sistem dan usaha Agribisnis yang berdaya saing dan berkelanjutan.

e.  Meningkatkan Revitalisasi sistem penyuluhan ketahanan pangan, fasilitasi kemitraan dan pengembangan usaha olahan pangan dalam rangka penanganan kemiskinan.