http://www.iyaa.com/berita/nasional/umum/2278094_3106.html

 

Pemkab Pamekasan Intensifkan Sosialisasi Rumah Pangan Lestari

antaranews.com | 27/10/2012 14:04 |  

send twitterA+

Pamekasan, 27/10 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terus mengintensifkan sosialisasi program rumah pangan lestari ke semua kalangan masyarakat di wilayah itu.
Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pamekasan Drs. Moh. Sjaiful Arifin, M.Si Sabtu, menjelaskan, program rumah pangan lestari ini merupakan program utama KKP Pemkab Pamekasan, sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masing-masing rumah tangga.
"Program ini telah dicanangkan beberapa waktu lalu, dan saat ini kami intensif melakukan sosialisasi," katanya menjelaskan.
Menurut dia, program rumah pangan lestari yang dicanangkan Pemkab Pamekasan untuk meningkatkan ketahanan pangan ini, merupakan program yang sangat sederhana dan bisa dilakukan semua rumah tangga di Pamekasan.
Rumah pangan lestari ini menggambarkan masing-masing lingkungan rumah tangga di Pamekasan bisa menanam berbagai jenis kebutuhan pangan di pekarangan rumahnya. Seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan beragam jenis pangan lainnya.
Dalam pekarangan rumah itu, pemilik rumah juga memeliharan ikan, sebagai persiapan pemenuhan kebutuhan ikan sehari-hari, beternak hewan, baik kambing, sapi ataupun ayam.
"Intinya rumah pangan lestari yang kita programkan ini adalah terbentuknya lingkungan rumah tangga yang berbasis pada tanaman pangan," kata Moh. Sjaiful Arifin, M.Si menjelaskan.
Ia menjelaskan, sebelum mengintensifkan sosialisasi tentang program rumah pangan lestari ini kepada masyarakat luas, KKP sebelumnya juga telah memaparkan program unggulannya itu pada para pejabat pemkab atau kalangan terbatas. Bahkan, program ini pernah disosialisasikan dalam kegiatan pameran pembangunan yang digelar pemkab belum lama ini.
Hasilnya, kata Drs. Moh. Sjaiful Arifin, M.Si, program rumah pangan lestari tersebut, mendapatkan tanggapan positif. Bahkan, KKP sebagai institusi teknis diminta untuk terus mengembangkannya dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat di Pamekasan.
Drs. Moh. Sjaiful Arifin, M.Si lebih lanjut menjelaskan, program rumah pangan lestari ini sebagai salah satu program unggulan KKP Pemkab Pamekasan untuk meningkatkan ketahanan pangan di lingkungan rumah tangga.
Program lain yang kini tengah dilakukan adalah pembangunan lumbung pangan di masing-masing desa di Pamekasan.
"Saat ini sudah ada sekitar 50 desa di Pamekasan ini yang sudah memiliki lumbung pangan